Rabu, 18 Agustus 2010

Apakah Yang Dimaksud Dengan Bantuan Ekonomi Jepang




Bantuan ekonomi Jepang disalurkan melalui 3 (tiga) cara: yaitu dalam bentuk pinjaman (Yen Loan), Hibah (grant Aid) dan kerjasama Teknik (Technical Cooperation).
Bantuan Yen Loan adalah pinjaman dana yang menguntungkan karena bunga pinjaman yang sangat rendah, dan masa pengembaliannya yang relatif panjang. Bantuan jenis ini biasanya disalurkan terutama untuk pembangauna proyek proyek infrastruktur yang diperlukan dalam kehidupan masyarakat serta kegiatan ekonomi, sperti jalan jalan umum, rel kereta, pelabuhan dan bandar udara.
Bantuan Grant Aid adalah bantuan dana yang tidak perlu dikembalikan. Bantuan ini disalurkan terutama untuk meningkatkan pendidikan, kesehatan serta pengemangan desa bagi masyarakat tidak mampu.
Sedangkan bantuan jenis Technical Cooperatioan adalah jenis bantuan yang difokuskan pada pendidikan sumber daya manusia yang mutlak diperlukan dalam pembangaunan negara. Pelaksanaanya dilakukan dengan mendatangkan para ahli dan teknisi dari Jepang maupun mengirimkan para trainee Indonesia ke Jepang , yang seluruh biayanya ditanggung oleh Jepang.


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Engine